Saturday, February 23, 2019

[REVIEW FILM] Si Doel The Movie




Anak Betawiiiiii, ketinggalan zamaaannn, katenyeeeeee…..!
Aduh, Sialan..ni Si Doel Anak Betawi Aselii, Kerjaannyee sembayang mengajii, tapi jangan bikin dieeee, sakit hati…
Akhirnya sinetron kedemenan aye zaman sd dulu dijadiin pelem!
Setelah menanti (gak menati-menanti banget sih) kurang lebih 15 tahun digantungin kisahnya Sarah, Doel ama Zaenab, akhirnya kisah percintaan segitiga ini akan terkuak di film ini! Akhirnya aku bisa tidur nyenyak, yash!
Merinding aye pas mau nulis Review ini! Awww…

Beklah sodarasebangsa dan setanah air, Review ini akan mengandung Spoiler, maafkan hambaa Bang Rano Karno dan Falcon. Tapi aye udah kasi warning dulu nih buat yang kagak mau kena spoiler, Sampai sini masih boleh dibaca, karena belum mengandung spoiler.
Intinya kalian semua pecinta si Doel anak Sekolahan, kudu nonton film ini deh. Karena ni film bisa mengobati kerinduan kalian akan bang Mandra yang super kocak, Atun yang kompor gas, si Doel yang nurut banget sama orangtua tapi sungguh menggemaskan dengan sikap peragunya, Sarah yang cerdas yang mana adalah definisi dari sebuah wanita kuat dan mandiri, Zaenab yang anggun dan lemah, definisi wanita jaman dulu nyang kaga bise ape-ape kalo kagak ade lakiknya, bahkan Mak Nyak yang kurindukan karena quotes-quotes bijaknya juga ada loh, Plukz! Oplet,setrika arang, rumah betawi aselik, warung Nyak Lela, aduhhh, semua masih ada,Plukz!

Jangan kuatir akan humor, Mandra akan setia membuat kalian semua tertawa dengan celetukan dan bibir nyablaknya yang khas, omelan dan keluhannya yang malu-maluin tapi gemash. Bahkan momen dimana harusnya sebagai anak sekolahan, si Doel lebih bijak dari Mandra, Mandra lah yang lebih bijak dari si Doel, memberi petuah sebagai paman yang baik. Aduh, Mandra yang emang udah tua makin jadi (bijak), baru kali ini aku padamu, Ndra! Gue bilang sih, tanpa Mandra, film si Doel The Movie bagai sayur kurang sayur, serius. Mandra adalah penyukses terbesar dari film Si Doel The Movie, pemberi kebahagiaan kepada penonton, pengusir ke boringan kita akan drama kehidupannya Doel, Sara dan Zaenab yang bikin pusing dan menguras emosi, Mandra adalah bintang di film si Doel The Movie. Kurasa, Rano Karno, Cornelia Agatha, dan kru yang lain juga setuju sama gue. Film si Doel The Movie bagi gue adalah pengobat rindu gue akan zaman gue sd dulu, pengobat rindu gue akan gelak tawa karena nontonin Mandra yang biasanya apes, disini bahagia banget hidupnya, haha. 

Dan bagi gue, si Doel The Movie adalah pengobat rasa penasaran gue akan kisah cinta om dan tante-tante ini. Elah, Len.
Saran gue, tontonlah film ini tanpa ekspektasi apapun, tanpa praduga dan prasangka, just enjoy it. Nikmati setiap tawa yang dihasilkan Mandra, nikmati setiap emosi yang terkuras yang dihasilkan om Doel dan Tante Sara dan Tante Zaenab. Nikmati setiap pertanyaan yang dihasilkan dari keputusan para karakter yang bermain di film ini. Nikmati setiap hasil dari keputusan mereka tanpa penghakiman dan kekecewaan. Karena bagi gue, film ini cukup kita nikmati aja, dan kita cukup mengembalikan semua kepada mereka yang menjalani hidup, hahaha. Karena ending film ini sesuai realita hidup, bahwa dalam setiap keputusan, memang harus ada yang dikorbankan, tidak bisa membahagiakan semua pihak. Sehingga gue yang awalnya kesal, emosi dan kecewa, sekarang jadi bisa belajar memahami dan menikmati saja filmnya.


Well, sampai sini saja.Tulisan selanjutnya akan mengandung spoiler.

Dikisahkan si Doel dan Mandra diundang oleh Hans (sahabat Doel semasa kuliah dulu, juga adalah sepupunya Sarah) ke Belanda untuk mengantar barang-barang tradisional ala Betawa untuk Festival Tong-Tong Fair di Belanda. Ternyata di Belanda, lebih tepatnya di Amsterdam, juga ada Sarah dan Doel kecil (anak dari si Doel hasil pernikahannya dengan Sarah). Untuk mengingatkan, si Doel yang sudah menikah dengan Sarah, ditinggal oleh Sarah ke Belanda, Sarah saat itu sedang hamil, si Doel pun menikah lagi dengan Zaenab (nikah siri). Ya mungkin udah kelamaan ditinggal istri (15tahun coy!) dan kondisi Zaenab juga udah menjanda, yasudah si Doel pun melaksanakan pesan amanat dari engkongnya dulu, “Doel, lu jagain Zaenab ya, kesian die, seumur hidup udah hidup buat keluarganye melulu, kalo ada ape-ape sama Zaenab, elu jagain dia ya, Doel.” Dilaksanakan si Doel dengan menikahi Zaenab.

Di Amsterdam, si Doel dan Mandra pun bertemu dengan Sarah dan Doel kecil. Dan di Amsterdam pun Doel akhirnya mendapatkan kejelasan kenapa Sarah meninggalkannya, dan kisah cinta merekapun meskipun masih agak menggantung, terjawab sudah di film ini.
Beberapa hal yang gue underline dari Kisah Doel, Sarah dan Zaenab :
1.      15 Tahun ditinggal istri ke Belande,kenape elu kagak nyariin sih?

Sewaktu di Belanda, si Doel bertanya ke Hans apakah Sarah ada di Amsterdam, di momen itu, Hans bertanya kepada Doel kenapa dia gak cari Sarah? Pertanyaan Hans ini juga jadi pertanyaan gue dan mungkin seluruh pemirsa. Lalu si Doel pun menjawab dikarenakan saat itu si Doel dalam kondisi kesulitan ekonomi dan tidak tahu keberadaan Sarah dimana. Dalam pemikiran gue, si Doel dari muda ampe tua kok kerjaannya nyari kerjaan mulu yak wkwk. By the way, di film ini si Doel kerjaannya bukan Cuma sembayang mengaji tapi jadi teknisi lepas. Gak kerja tetap di kantor. T-tapi,15 tahun masa sih gak cukup buat nabung ke Belande nyariin istri yang dicintai, minimal buat tahu keberadaan aje, masagak penasaran kenapa istri sampe pergi ninggalin, masa digantungin pasrah aja sih,bang.
Lagian pan ini bukan zaman babe Benyamin dulu. Sekarang ada social media, buat cari tahu Sarah 
dimana dan apa kabar. Banyak tiket promo juga buat ke Belande. Hans sahabatnya juga sepupu Sarah, masa sih ga mau kasi info Sarah dimana, 15tahun loh bok! Ah, si Doel, kurang berjuang ah.
Kenapa sih, di film Indonesia, orang-orang pada sabaraja di gantungin. Selayaknya Fahri AAC gak nyari istrinya yang ke Suriah apa kabar, Cinta yang digantungin 12 purnama juga biasa aja, Cuma ngegalau aja di kamar. Gue aja chat gak dibales 1 jem udah terbang kali ke rumah doi, #lebayAhLen
2.      Mandra Aja Tahu, Bapak sama Anak Butuh Quality Time

Gue sampe emosi banget pas adegan dimana akhirnya si Doel and the gank berkunjung ke rumah Sarah dan ketemu anaknya. Dia cma diem aja dong! Waini, bapak macem ape! Iya, gue ngerti lu galau Doel, situasi ini sangat mendadak dan mengejutkan buatmu, ketemu Sarah, diajak ke rumahnya, eh ketemu anakmu yang sudah 15 tahun tak jumpa. Mendadak sih. Tapi, masakan dirimu tidak rindu, minimal senyum kek, nangis kek, apa kek. Ini tampang Cuma pasang tampang bingung-gue-harus-apa-dan-ngapain-ya . Lelah hayati. Untung di momen awkward ini, Mandra mampu menyelamatkan situasi canggung ini dengan lawakan dan nyablaknya.
”Tong, ini bapak lu, gue ncangnye bapak lu, jadi elu manggil gue engkong, paham?Understand?”
Ngakak gue.
Sama

“Kok, anak lu mukanya gitu ya, antara kaget sama agak jijik gitu lihat gue”
Pecahhhhhh banget, sebioskop ngakak, sampe si Bro ngakaknya puas banget dan gue harus menegor dia karena tawanya yang….
Setelah itu, si Doel yang luar biasa ini juga bilang
“Saya harus pulang lusa,” Lah lah lah…
Padahal Mandra udah bilang “Lah pan elu di Jakarta juga kagak ngapa-ngapain, narik oplet kagak, kerjaan juga serabutan, mending disini, liburan dulu,”
Dan Sarah juga sudah berkata, “Doel, kamu mau kan perpanjang hari, nanti Hans yang urus tiketnya, kamu sama Doel kecil kan belum jalan bareng,”
Denger itu, si Doel tetep mau balik Jakarta, whats wrong with you dude?!
Cuma, akhirnya Mandra sebagai paman yang baik (the best deh Mandra) menyarankan Doel untuk menginap semalam, karena dia yakin anaknya pasti rindu, pengen ketemu, ngobrolah berdua, melepas rindu, memecah jarak. Elah, Mandra aja yang bujang lapuk ngarti loh. Doel mah gitu ah.
3.      Momen Dimana Sarah dan Doel Berpisah, Terbaper!

Disini gue dan si Bro, serta adek gue, kami dan mungkin semua penonton,rasanya kepengen berkata kasar ke si Doel.
“Doel, semakin aku berusaha melupakan kamu, aku semakin mencintai kamu Doel”
“Doel, aku akan berusaha untuk melupakan kamu,”
Gimana perasaanmu wahai saudara-saudara sekalian?
Dan si Doel hanya diam membisu.
Kemudia mereka berpisah begitu saja, dengan adegan Doel melepaskan tangan Sarah, dan fyi, Sarah yang duluan meluk si Doel. Kemudia lagu Selamat Jalan Kekasih mengalun dengan merdu, sedih…
Doel, lu tuh bener-bener kagak berubah, dari dulu pikirannya ribet dan selalu bikin gregetan!
Sarah udah kasi tahu kok, kenapa dia pergi ninggalin Doel, karena cemburu, si Doel bantuin Zaenab waktu dia kguguran (nah ini aku tak tahu emang seberapa “parah: bantuan Doel, sampe Sarah cemburu). T-tapi kan dua-duanya udah maaf-maafan.
“Aku yang salah, Sar,”
“Aku yang salah Doel,”
Gitu terus ampe kiamat. KzL
Akutu kesel sama sikap Doel yang seolah gak bisa bersikap. Ah…
4.      Momen si Doel di Kereta

Setelah berpisah dengan Sarah, Doel pun bermonolog di kereta.
“Aku tidak mau menyakiti ketiga perempuan dalam hidupku, (kenyatannya emang kita gabisa bikin semua orang bahagia sih)…”
“Sarah, karena ego maka kita berpisah (padahal saling mencintai), Doel, bapak tidak marah akan sikap mu yang demikian (jutekin si Doel dewasa, ya iyalah, bapak lu disuruh perpanjang liburan kagak mau) waktu kita bertemu, bapak ngerti… “
Dan monolog yang lain gue lupa. Doel, kalau lu ngomongnya selalu dalem hati,kan yang tau Cuma elu,Tuhan dan penonton. Mereka mana denger Doel.
Disini Doel seolah teringat pesan Mak Nyak, “Nanti pas lu di Belande, jangan ketemu lagi sama non Sarah ya Doel, bukanye Nyak kagak suka sama die, tapikan sekarang ada Zaenab Doel, kasihan die, die pan sayang sama elu Doel, dan udah ngurus Nyak,” Btw, si Nyak buta dan udah gak bisa apa-apa, Cuma bisa baringan aja di ranjang. Bagian nurut sama orangtua, Doel emang juara.
5.      Ending Film Yang Riil Tapi Mengecewakan Aku

Di ending film, Sara akhirnya mengajak Doel junior ketemu ayahnya di Bandara sebelum keberangkatan ke Jakarta. Doel kecil pun berlari memeluk ayahnya (kenapa kagak si Doel gede ya..) dan berkata “Aku mau papa disini,” Hancur gak lu?
Si Doel Cuma bisa diem. Tapi kemudian bilang kalau tahun depan Doel kecil kan mau lanjutin SMA di Jakarta, jadi disitu bisa ketemu. Kabar baik sih, wah, bakal rujuk neh!
Endingnya Sarah bisikin ke Doel…..
Tonton sendiri yaa, ehehe

Bagi gue, masalah yang diangkat di film ini dalem dan susah dipecahkan sih, gak bisa nyalahin siapa siapa dan gak bisa ngomong, harusnya…seandainya…
Soalnya, sudah terlanjur, sudah terjadi ya mau gimana lagi. Salut buat Sarah, definisi sesungguhnya dari cinta tak harus memiliki dan semua keputusan harus berani mengambil resiko, definisi wanita kuat dan mampu berdiri sendiri. Bagi gue, ending film ini cukup adil buat semua pihak. Adil buat Doel yang dipenuhi kegalauan akan teka-teki menghilangnya sang Istri selama 15 tahun, adil buat Zaenab yang memang gak punya pegangan hidup lagi selain Doel, Adil buat Sarah yang kuat tanpa siapapun, karena dia toh bisa hidup 15 tahun sendiri, membesarkan anak sendiri.
Saranku, sebainya gak usah di buat sekuel keduanya, karena jadinya malah receh dan jadi sinetron banget. Cukup ending ini saja, pro kontra pasti ada, tapi, ending ini sudah cukup riil dan menjawab semuanya. Gak tahu juga menurut penonton lain? Apa mau nonton sekuelnya?
Sampai jumpa di postingan selanjutnya!

No comments:

Post a Comment